Hasil kurang mengenakkan diraih Andrea Pirlo dkk dalam pertandingan Bulgaria vs Italia di Kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona Eropa Grup B. Skor 2-2 menjadi akhir dari pertandingan Italia vs Bulgaria di Vasilevski Stadium.

Italia yang menjadi finalis Piala Eropa 2012 lalu tak gentar meski harus bertamu ke Bulgaria. Peluang mereka peroleh di menit ketujuh kala sundulan Pablo Daniel Osvaldo melayang tipis dari gawang kiper Bulgaria, Nikolay Mihaylov.

Menit 18, gantian tuan rumah yang memberi tekanan. Tendangan Vladimir Gadzhev dengan cekatan bias diamankan oleh penjaga gawang nomor satu Italia, Gianluigi Buffon. Kiper Juventus itu sekali lagi melakukan penyelamatan di menit 24 atas usaha Ivan Ivanov.


Namun, pertahanan Buffon bobol juga ketika pertandingan berjalan setengah jam. Adalah tendangan Stanislav Manolev yang membuat Buffon bertekuk lutut dan membuat Bulgaria leading 1-0.


Tak perlu waktu lama bagi Italia untuk bisa menyamakan keadaan. Tujuh menit kemudian, umpan Claudio Marchisio diselesaikan dengan baik oleh Pablo Osvaldo. 1-1!

Tiga menit berselang, kembali striker AS Roma itu membawa Gli Azzurri balik memimpin. Umpan crossing Emanuele Giaccherini diteruskannya dengan sundulan kepala dan menjebol gawang Mihaylov.


Osvaldo bisa saja mencetak hat-trick di penghujung babak pertama andai Mihaylov tak bereaksi menyelamatkan bola hasil tendangannya. Babak pertama berakhir dengan keunggulan Italia.

Sadar keunggulan mereka masih bisa dikejar, Italia masih bermain agresif di babak kedua. Sebastian Giovinco mendapati tendangannya digagalkan MIhaylov kala usai pertandingan memasuki menit 49.

Apa yang ditakutkan akhirnya terjadi saat Georgi Milanov mampu menyamakan skor di menit 66. Tendangan kaki kirinya setelah menerima umpan Ilijan Micanski tak kuasa dibendung Buffon.


Bulgaria menjadi bersemangat. Sundulan Micanski tiga menit berselang masih melambung. Disusul peluang yang dicetak Gadzhev yang bisa digagalkan Buffon.

Selanjutnya Buffon dipaksa tak bisa bersantai di bawah gawangnya. Beberapa kali ia berjibaku menyelamatkan Italia dari kebobolan. Usaha itu berhasil karena hingga akhir pertandingan tak ada lagi gol yang tercipta. Kedua tim harus puas berbagi satu angka.

Data Pertandingan:

Bulgaria 2-2 Italia (Manolev 30’, Milanov 66’ / Osvaldo 37’, 40’)

Susunan pemain:

Bulgaria: Nikolay Mihaylov; Nikolay Bodurov, Iordan MInev, Veselin MInev, Ivan Ivanov; Stanislav Manolev, Georgi Milanov, Vladimir Gadzhev (Georgi Sarmov 79’), Svetoslav Dyakov, Emil Gargorov (Ilijan Micanski 62’); Ivelin Popov (Aleksandar Tonev 81’)

Italia: Gianluigi Buffon; Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci, Angelo Ogbonna (Federico Peluso 68’); Christian Maggio, Emanuele Giaccherini (Alessandro Diamanti 64’), Andrea Pirlo, Daniele De Rossi, Claudio Marchisio; Sebastian Giovinco (Mattia Destro 73’), Pablo Osvaldo



Sumber
 
Top